RESEP KUE KHAMIR

Mungkin kue yang satu ini belum banyak orang yang tahu karena kue ini khas dari sebuah kota kecil bernama Pemalang Jawa Tengah ( kota kelahiran saya ). Di kota ini ada perkampungan yang sebagian penduduknya adalah orang keturunan arab maka kampung ini diberi nama Kampung Arab dan kue ini sangat digemari oleh orang arab maka banyak home indrustri yang memproduksi kue khamir ini, namun anehnya justru yang memproduksi orang yang bukan keturunan arab melainkan orang2 pemalang yg tinggal di sekitar daerah tersebut dan pemasarannya di seluruh kota pemalang bahkan sampai ke luar kota tetangga. Dan kue khamir ini cukup tahan selama 2-3 hari bahkan lebih jika dimasukkan dalam alat pendingin.

Adapun resepnya adalah :

Untuk membikin ½ kg tepung yg menghasilkan sekitar 35 buah kue Khamir yg berukuran kecil membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut :

  1. Tepung terigu                        : ½ kg
  2. Telor                                    : 2 butir
  3. Ragi instan                            : 1 sdt munjung
  4. Gula                                     : 4 ons
  5. Air                                       : 250 cc
  6. Garam                                  : ½ sdt
  7. Soda kue                              : 1 sdt
  8. Vanili                                    : ½ sdt / satu sachet kecil
  9. Tape ½ ons / 3 biji jari agak lebar

Cara membuat adonan :

  1. Campurkan semua bahannya jadi satu kecuali air
  2. Aduk sampai rata campuran tersebut dengan menggunakan tangan ( yang sudah dicuci terlebih dahulu tentunya) ….. :)  kikkkikiki….:D )
  3. Setelah rata tercampur lalu tambahkan air sedikit demi sedikit hingga diperoleh adonan kue Khamir,
  4. Diamkan adonan selama 10 jam ato semalam, paginya siap di goreng dengan cetakan.

Cara menggoreng adonan :

Seperti inilah bentuk cetakan untuk kue khamir biasanya bisa diperoleh di toko perlengkapan membuat kue. Cetakan seperti ini juga biasa dipakai oleh penjual serabi/apem/pukis.

Berikut adalah langkah menggorengnya:

  1. Letakkan cetakan tersebut diatas kompor dan panaskan, tambahkan sedikit mentega atau minyak goreng disetiap cekungan  cetakan
  2. Tuangkan adonan kue khamir di setiap cekungan dan tunggu hingga salah satu sisinya (sisi bawah) berwarna kecoklatan.
  3. Bila salah satu sisi (bagian bawah)  sudah kelihatan kecoklatan, baliklah agar sisi atasnya matang juga.

Bila akan matang, kue ini akan mekar sendiri dan bentuknya jadi mirip kue Dorayaki, kue kegemaran Doraemon.. :)

sajikan untuk suami dan anak2 tersayang…….  :)

Selamat mencoba………….!

About these ads

92 responses to this post.

  1. Saya juga suka kue ini…cumako pas beli selalu ngantriii .. :( :)
    Ma’kasih info resepnya …

    Balas

  2. terima kasih atas resepnya…. saya suka kue ini… enak…..
    saat adonan dibiarkan semalam, itu perlu ditutup kain atau dibiarkan terbuka?

    Balas

    • Ditutup aja, kebiasaan kita ditutup, klo dibuka takut kejatuhan sesuatu…
      Oh ya jgn lupa wadahnya agak besar karena pasti akan mengembang, walaupun klo di aduk agak kempes….

      selamat mencoba ya semoga sukses… :)

      Balas

  3. Posted by siti lutfia on November 3, 2010 at 13:43

    tq y resepx, ade iparqu tnya resep kue kamir, aq sndiri lum pernah coba yg resep ini. aq pny niy cetakannya,,hehe.. bs jd berapa tuh kamirnya..

    Balas

  4. Wah emang enak nh kue, ane bru pertama kali nyobain lgsg ketagihan, untung belinya ga ngantri.

    Balas

  5. Posted by Endang on Maret 3, 2011 at 18:40

    Apakah hasil adonannya akan sempurna jika tidak menggunakan Soda Kue karena sudah menggunakan ragi.Terimakasih

    Balas

    • Salam kenal ya…

      mungkin iya…soalnya saya sendiri belum pernah coba…. yang pernah saya coba ga pakai ragi, maka adonannya ga mengembang dan klo digoreng masih mentah…
      selamat mencoba… makasih ya udah mampir di blog saya… :)

      Balas

  6. Posted by carline on April 10, 2011 at 09:30

    thanks ya untuk resepnya.klo kuenya mau di isi coklat,selai atau keju caranya gimana ya?

    Balas

    • sama-sama…thx dah mampir ke blogku…. kita juga pernah coba dg di isi meses dan selai strawberri..
      saran saya, klo mau di isi coklat atau selai sebaiknya adonan kue khamirnya dikurangi gulanya, biar tidak terlalu manis bgt…
      caranya ; saat mau di goreng ambil adonan setengah sendok taruh di cetakan, lalu masukan selai atau coklat atau meses, baru tutup lagi dg adonan setengah sendok lg..
      pokoknya di kira2 untuk membagi adonan, dan klo bisa isi selai atau coklat harus tertutup adonan dg rapat.. takutnya bocor …
      gitu aja semoga bermanfaat… :)

      Balas

  7. Posted by ade on April 18, 2011 at 21:07

    saya dah coba resepnya beberapakali, tp hasilnya blom ok knapa ya, sy cuma pakai permipan(kis)….hasilnya ga sama seperti yg sy beli. kalo dah dingin jadi keras kuenya…mohon infonya tks

    Balas

    • Ok salam kenal ya…
      Saat bikin sudah komplit dan sesuai takaran belum?? mungkin keras bisa dr kurang airnya jd adonannya agak kental yah??
      Coba deh pakai semua resepnya jangan ada yang ketinggalan, jgn hanya fermipan doang… pakai juga soda kue nya dan tapenya semuanya sesuai ukuran.. dan saat uleninya harus dg maksimal, diaduk dg tangan agak lama dan hrs hancur semua rata….
      Selamat mencoba… :) tetap semangat… :D

      Balas

  8. Posted by Trigo on April 29, 2011 at 23:58

    Enak nih akan saya coba..

    Balas

  9. Posted by Trigo on Mei 2, 2011 at 21:15

    Dah dicoba, kelamaan, seharian, lol dan gak ada tape disini, tapi jadi juga enakk thanks…

    Balas

  10. Posted by Titin Yunarsih on Mei 14, 2011 at 19:48

    akhirnya……sy ketemu jg resepnya.setiap sy beli kue ini sy selalu bertanya resep kue ini ke penjualnya,namun sy ragu krn takut takarannya gk pas….kebetulan sy punya cetakannya dan sy akan mencoba membuatnya.ty utk resepnya.

    Balas

  11. Posted by erna s on Juni 30, 2011 at 20:40

    Makasih Mbak…….. saya pengen bnget nyoba bkin kue khamir….. baru dapet resepnya…….. mo beli cetakannya dulu……. sekali lg Tky……….

    Balas

    • ok.. sama2 semoga bermanfaat :)

      Balas

      • eh mbak…sharing dong..tanya gmana caranya menghilangkan bau asemnya itu….coz aq dah cba bikin tp baunya g seperti yg saya beli…bau harum gitu…tolong infonya mbak ….

      • ok, biasanya bau asem itu terdapat si fermipan atau tapenya.. klo memang pada saat membikin kue khamir sudah sesuai dg takaran, tp tetap msh bau maka bisa dikurangi takarannya sedikit, klo msh bau juga , berarti kita harus lihat kadarluarsa dr fermipan itu dan dalam memilih tapenya juga hrs yg fresh…. ( atau sy sarankan tambahkan daun pandan pada adonan yg akan didiamkan )
        Oh ya, menyimpan fermipan jgn sampai terbuka yah, maksudnya klo kita cuma memakai setengah bungkus aja, lalu ada sisanya maka diusahakan ditutup yg rapat biar tidak kena udara.
        Begitu aja semoga bermanfaat….

  12. tp ada resep lain g mbak biar aroma kue,y wangi…contoh dikasih ap gitu…
    trus klo pake pandan warnanya ntar ijo g….

    Balas

    • sementara belum ada… klo pakai pandan yang diblender dan diambil airnya aja… ya jelas warnanya berubah.. tp ga hijau bgt kok.. lebih wangi.. aq malah suka gitu… tp klo pandannya cuma lembaran ga di blender, warnanya tetep coklat ga berubah, emang wanginya ga pandan bgt sih…

      Oh ya aq bukan ahli memasak… saya hanya mempraktekkan resep kue atau makanan dr resep mamaku aja… :)

      Balas

  13. Posted by alwie on September 5, 2011 at 19:24

    rasa kuenya enak mb, tp knapa yah kyaknya kurang terkenal nih kue,,,,,

    Balas

  14. Posted by Putri on September 13, 2011 at 15:03

    mba tanya dong ragi itu kaya apa sih…?

    Balas

  15. Posted by nova on November 2, 2011 at 09:56

    xixixixi….. kue fenomenal……. krn sy pernah sekali bw kue ini ke kantor, sy pikir ga ada yg suka, gak tau nya jd rebutan. Akhir semua teman pd pesan, pas sy mau beli cuma ada 4 biji, sdgkan teman ada 15 org lebih. Biar kebagian semua akhirnya tuh kue dipotong kecil2, kebayangkan kue kecil itu dipotong2 lg???. Ibarat kata kt semua cm nyobain secuil doang, cm nyangkut di gigi hihihi…mumpung ada resep ini sy akan coba bikin kue ini, smoga berhasil dan teman2 nanti bs pesan lewat saya hehehehehe…(sambil nyelam minum air, biasa otak bisnis)

    Balas

  16. mba yu klo di jual perbiji berapa cz ditempatku blm ada yg jual neh?critanya mojualan gtu loh

    Balas

  17. Lagi searching resep Kue Khamir, dapet yang ini kayaknya lebih yummy dari 3 resep yang lain, mau coba aah …thanks yaa resepnya aku copy, dan dipaste dalam bentuk praktik :D

    Balas

  18. Posted by ika on November 19, 2011 at 19:02

    Mba sy mau coba kue ini, pas di uleni adonanya digepluk(dibanting-bantingkan)/yg prnah sy lihat shi sprti itu tp yg buat saya bingung kan paginya harus dicetak kuenya brti adonanya itu cair donk?
    Saat didiamkan bentuk adonanya sprti apa ya?kentalkah sepertia adonan kue nastar atau cair?

    Balas

    • kan salah satu bahannya air, so pasti adonannya agak cair, beda klo nastar kan padat adonannya… dan pada saat diulenin ditampar aja krn adonannya ga bisa dibanting coz encer…. ok selamat mencoba ya :)

      Balas

  19. Posted by zora on November 24, 2011 at 19:15

    jadi pengen bikin nih kue abis setiap hari beli ni kue (sekalian JJS) kan tekor jg..he3
    klo enk kali aja bisa buat usaha… amin… thx ya

    Balas

  20. Posted by zakiyah on Desember 7, 2011 at 16:21

    resep ini pake mentega cair gak ya?

    Balas

    • klo untuk adonan ga pakai mentega cair, tp utk menggorengnya menggunakan campuran minyak sayur dan mentega.. biar kuenya makin gurih… :)

      Balas

      • klo buat kmir tu hrus pake santan nggak si ,soalnya aku pake sntan tpi rsanya beda kyk kamir pemalang ,dan yg buat ngilangin bau tapenya gmn cranya ?apakah dg vanili nettan,?ktanya

      • memang resep kamirku emang khas bau tape, mgkn gini tapenya dikurangi aja biar gak terlalu bau, krn kan msh ada fermifan yg akan mengembangkan adonan :D

  21. makasih resepnya , mau praktek ah….
    dari cah pemalang

    Balas

  22. Posted by pujiyanto on Januari 3, 2012 at 16:06

    numpang bosssss…..salam kenal….mo nanya klo adonan kuenya bs tahan berapa jam pa hari sblm dimasak pa digoreng.tanpa di freezer?

    Balas

    • Setelah jadi adonan maka diamkan semalaman atau sekitar kurang lebih 10 jam (pasti sudah mengembang) lalu di goreng.. klo mau disimpan dulu boleh asal jangan sampai lebih dr sehari (bisa basi), utk di taruh dikulkas kami blm pernah coba coz langsung habis klo bikin :P

      Balas

  23. aku arep dodolan mbak,modale piro sak grobake… ckkk ckkk

    Balas

    • hahaha :)) misalnya satu resep modal 10 ribu th 2010, jika terjual semua dg harga @750 maka uang yg didapat sekitar 20.000 – 25.000, so… untung bersih ya sekitar 10 rb – 15 rb gituu … :D
      btw dimana2 klo bisnis makanan kan untungnya 100% bukan ??? hehehe

      Balas

  24. Posted by ney on Januari 18, 2012 at 20:14

    kalo di kukus kuenya bisa gak say?

    Balas

  25. kalo pake rasa di apain

    Balas

    • maksudnya??? dicampurin rasa pandan ??? klo perasa pandannya cair ya waktu mau bikin adonannya campurkan saja, klo mau diisi selai ya tinggal kasih selainya pas mau di goreng :D

      Balas

  26. saya mw coba bikin tp cwtakan y beli di mana y,?saya di condet ada ga yg deket sini

    Balas

  27. Posted by rahmat oke on Januari 27, 2012 at 10:28

    ntar ah saya suruh istri tercinta biar bikin kue ini, kayaknya enak nih..siapa tahu kalo enak bisa dijual di kantor…hehehe…makasih ya mba atas resepnya….

    Balas

  28. Posted by ida on Februari 21, 2012 at 19:55

    kalau airnya diganti susu atau mentega bisa gak ? soalnya kalau beli kelihatan sangat lembut dan agak berminyak.tapi kalau didiamkan semalam apa gak asam(kecut/basi).mohon balasannya.

    Balas

    • klo airnya diganti susu seperti kue pukis dunk..?? tp silahkan aja dicoba kali aja enak :D , klo berminyak krn digoreng kan ?? justru harus didiamkan semalam biar ngembang… :)

      Balas

  29. Posted by yuni on Maret 11, 2012 at 23:59

    kue kamir emg bnr2 wuenak,rasany khas beda dg kue lain

    Balas

  30. Posted by dhini on April 22, 2012 at 11:00

    syukron info’a..
    aq kira kue ini brasal dr arab, gtw’a dr pemalang, hhee
    Aq akan coba, nnti klo sdh jdi aq share lg ya..

    Balas

    • Sama2 mba dhini, sebenarnya emang dr Arab mba, soale yang suka banget kue khamir ii orang2 keturunan arab yang tinggal di Pemalang :)

      Balas

  31. Posted by soni on April 28, 2012 at 20:10

    lam knl mba….thxs bgt mba….tak coba y…..

    Balas

  32. berapa sih hrgnya/biji

    Balas

  33. Posted by aldin ningsih on Oktober 2, 2012 at 10:35

    makasih mba atas infonya, budhe saya lg pengen nyoba bikin.he

    Balas

  34. Posted by Talal H. on Oktober 26, 2012 at 23:03

    Makasih info resep membuat kue khamirnya,sgt berguna,kami sekeluarga menyukai untuk sebagai “pengganjal” isi perut di pagi hari sblm aktivitas…tks ya mbak…..

    Balas

  35. Matur suwun resepnya,karna udah mencoba selalu gagal,tapi nda akan menyerah.
    Soalnya aku ingin sekali buka usaha kecil-kecilan.
    Doa’kan aku biar tercapai cita_citaku.

    Balas

  36. Rasanya Kayak Apem ya (kata teman saya) ?

    Balas

  37. Posted by salsabil on November 30, 2012 at 16:16

    waaahhh, ky nya enak nih… jd pengen coba….:)

    Balas

  38. Posted by ramadhan on Desember 6, 2012 at 12:13

    salam kenal,tuangin ke adonan na pake sendok apa sendok sayur

    Balas

  39. Posted by nanang on Januari 2, 2013 at 00:35

    Mba tks resep.ya ya. Truz kLo bisa resep resep kue lainnya mbK tapi resepnya kalo. Bisa yg sudah pernah dicoba atow yg sudah berhasil mba trimakasih sukses selalu ya..

    Balas

  40. Posted by torix on Januari 2, 2013 at 18:36

    Kamiiiiir enaaaaaaaaaaaaaaaaaak
    thanks atas resepnya, lain kali tambah lagi

    Balas

  41. bisa gak kalo gak pake tape?? atau raginya dibanyakin gitu biar kerasa tapenya??

    Balas

  42. Posted by Ka'sony on Januari 25, 2013 at 22:06

    thanks buat infonya y,,, :D

    Balas

  43. kalo make santan gmn bsa g n hsil,nya bda apa sama ajah

    Balas

  44. Posted by heru on Februari 9, 2013 at 20:56

    mba..saya awam mengenai urusan dapur,tp melihat resep ini saya pengen nyoba masak sendiri,soalnya saya ada niat buka usaha kue kamir.pertanyaannya,resep ini kan 1/2 kg,nah kalo saya mau buat adonan untuk 6 kilo takaran bahan yg lainnya gimana ya?telor jd brp butir?garam dan lain2nya gimana?

    Terimakasih

    Balas

    • yaa kalikan saja utk mendapatkan hasil yang sempurna, jika tdk yaa mongg bisa dikurangi 1 atau 2, utk bahan yg lain gak bs dikurangi harus di kalikan saja ;) selamat mencoba :D

      Balas

  45. hemm manteb nyontek eh salah nyobain resepnya ahh suwun gan

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: